Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut 3 Strategi Pengelolaan Kelas Agar Berjalan Lebih Efektif

Berikut 3 Strategi Pengelolaan Kelas Agar Berjalan Lebih Efektif

Berikut 3 Strategi Pengelolaan Kelas Agar Berjalan Lebih Efektif - Pengelolaan kelas sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar, dimana pembelajaran akan dikatakan efektif apabila guru mampu mengelola kelas dengan baik.

Peranan seorang guru dalam mengelola kelas akan berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran, sehingga guru dituntut untuk mampu mengelola kelas dengan baik.

Dalam pelaksanaannya memang tidak mudah bagi guru untuk mampu mengelola kelas, keberagaman karakter siswa, keberagaman kebutuhan dan gaya belajar siswa memang merupakan hal yang tidak mudah bagi guru.

Mengelola kelas dengan baik bukanlah pekerjaan mudah. Kesulitan mengelola kelas bukan hanya dirasakan oleh guru baru. Guru yang sudah berpengalaman sekian tahun mengajar  pun tak luput dari permasalahan ini.

Sehingga hal ini tidak bisa dilakukan dengan cara intstan, melainkan perlu beberapa waktu, apalagi karakteristik kelas satu dengan kelas yang lainnya tentu saja selalu berbeda.

Segudang teori pengelolaan kelas yang sudah didapat guru kadang-kadang tidak mumpuni ketika mempraktikkannya di depan kelas. Banyak sekali kendala yang ditemui saat guru berhadapan dengan siswa.

Mengapa perlu mengelola kelas dengan baik?

Mengelola kelas berarti mengkondisikan kelas untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Ciri-ciri pembelajaran efektif dan efisien adalah: (a). proses belajar menyenangkan dan tidak monoton, (b). materi pelajaran (meskipun kadang-kadang sulit) sangat dirasakan oleh siswa manfaatnya.

Strategi Mengelola Kelas

Bagaimana mengelola kelas dengan baik? Yuk simak informasi berikut ini utuk mengetahui selengkapnya  Berikut ini adalah strategi penting dalam mengelola kelas belajar:

1.Mengelola kelas itu seni dan keterampilan

Banyak orang menganggap cara dan gaya berbicara di depan kelas tidak banyak berpengaruh terhadap pengelolaan kelas. Ini adalah kekeliruan besar pada anggapan ini. Mengajar itu mengandung sentuhan nilai seni dan keterampilan. Maka tak salah jika guru dikatakan sebagai seniman pembelajaran.

Seni mengelola kelas meliputi cara dan gaya guru berbicara saat mengajar. Termasuk didalamnya gerak-gerik anggota tubuh yang akan menarik perhatian siswa saat menerima pelajaran. Intonasi dan nada sewaktu berbicara sangat menentukan kejelasan materi yang disampaikan guru.

2.Mengelola kelas itu memerlukan perencanaan

Guru itu disainer pembelajaran. Memang, pembelajaran itu sudah dirancang sebelumnya. Rancangan itu berupa persiapan tertulis sebagai panduan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Guru sudah memperkirakan segala kemungkinan yang terjadi selama pembelajaran berlangsung.

Waktu pembelajaran sesuai dengan skenario pembelajaran dari menit awal sampai menit akhir. Kemungkinan gangguan dari prilaku siswa yang menyimpang sudah diantisipasi oleh guru sehingga waktu tidak habis untuk memarahi dan menegur siswa.

3.Mengelola kelas adalah mengatasi masalah belajar

Guru sebagai pelaksana pembelajaran perlu memusatkan segenap perhatiannya kepada proses pembelajaran agar terjadi pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu bentuk perhatian guru adalah persiapan pembelajaran yang matang, baik secara administratif maupun sikap mental guru.

Kendala mengelola kelas akan berpengaruh pada efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Banyak waktu belajar terbuang sia-sia karena adanya gangguan oleh perilaku siswa yang menyimpang. Guru terpaksa menghabiskan waktu untuk memarahi atau menegur perilaku siswa yang menyimpang.

Demikian informasi mengenai strategi pengelolaan kelas agar menjadi lebih efektif, Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Post a Comment for "Berikut 3 Strategi Pengelolaan Kelas Agar Berjalan Lebih Efektif"