Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisis Strategi Untuk Inovasi Pembelajaran Berbasis Kebutuhan

Analisis Strategi Untuk Inovasi Pembelajaran Berbasis Kebutuhan

Analisis Strategi Untuk Inovasi Pembelajaran Berbasis Kebutuhan - Perubahan zaman telah menggeser model pendidikan ke arah yang lebih modern. Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan kebutuhan dunia pendidikan saat ini, dan teknologi informasi khususnya memiliki dampak besar pada desain, persiapan dan penerapan strategi pembelajaran di Lembaga Pendidikan saat ini.

Pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik menjadi langkah tepat yang harus segera dilakukan. Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai rencana dengan rangkaian kegiatan yang ditujukan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.

Guru dan tenaga kependidikan perlu memiliki keterampilan untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa dalam belajar. Identifikasi harus dilakukan sejak awal proses pembelajaran agar siswa dapat mengatasi kendala yang dihadapinya.

Tujuannya untuk mengetahui harapan dan kebutuhan siswa terhadap materi yang diberikan. Hal ini dianggap penting karena ada aturan dalam proses pembelajaran yang berlangsung.

Melalui pembelajaran yang diberikan oleh guru, siswa dapat memenuhi kebutuhan belajarnya dan proses ini akan sangat berarti bagi mereka. Hal ini karena pelajaran yang diberikan oleh guru data digunaknan oleh peserta didik didalam kehidupan mereka sehingga peserta didik merasa nyaman dalam belajar.

Selain itu faktor lain yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan akademik peserta didik, berikut beberapa kebutuhan akademik peserta didik yaitu:

  • Paham dan nilai tujuan belajar
  • Paham proses belajar
  • Terlibat secara aktif dalam proses belajar
  • Mempunyai tujuan belajar yang berkaitan dengan minat dan pilihan mereka sendiri.
  • Menerima intruksi yang sesuai dengan gaya belajar dan kekuatan mereka
  • Melihat belajar yang dimodelkan oleh orang dewasa sebagai proses yang menarik dan mempunyai imbalan
  • Pengalaman berhasil
  • Mempunyai waktu untuk mengintegrasikan pembelajaran
  • Menerima umpan balik yang realistis dan langsung yang meningkatkan perasaan menguasai materi self-efficacy
  • Terlibat dalam evaluasi diri atas pembelajaran dan upaya mereka
  • Menerima imbalan yang sesuai untuk mendapatkan keberhasilan
  • Merasakan lingkungan belajar yang mendukung, aman dan terorganisasi dengan baik.

Guru dapat mengelola banyak faktor yang memiliki dampak signifikan terhadap prestasi dan perilaku siswa. Sekolah dan guru yang bekerja sama dengan populasi peserta didik yang sama akan berbeda dalam kemampuan meraka untuk membantu peserta didik mengembangkan perilaku yang diharapkan dan meningkatkan prestasi siswa.

Kegiatan analisis pendahuluan terhadap kemampuan belajar siswa sendiri diperlukan untuk memperoleh data tentang kemampuan belajar, kepribadian, dan latar belakang siswa.

Selain itu, pada titik ini, siswa membutuhkan model pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan efektif. Oleh karena itu, guru harus mampu menyajikan materi dengan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan setiap siswa.

Dengan melakukan inovasi pada strategi pembelajaran guru akan dengan mudah merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa atau murid. Rancangan atau analisi pendahuluan ini sangat dibutuhkan supaya dalam praktek pembelajaran selanjutnya dapat meminimalisir segala situasi yang tidak diinginkan.

Post a Comment for "Analisis Strategi Untuk Inovasi Pembelajaran Berbasis Kebutuhan"